Training Metode Pegujian BOD dan COD dalam Air 1-2 Desember 2022

december, 2022

01dec09:0002(dec 2)17:00Training Metode Pegujian BOD dan COD dalam Air 1-2 Desember 2022status pelatihan pasti jalan | Booking sekarang 0813-2145-5501

Event Details

Training Metode Pegujian BOD dan COD dalam Air 1-2 Desember 2022

Pemeriksaan kadar oksigen terlarut DO (dissolved oxygen didalam air untuk mengetahui tingkat pencemarannya, dapat diketahui melalui pemeriksaan BOD (Biochemical Oxygen Demand) dan pemeriksaan COD (Chemical Oxygen Demand). Semakin besar nilai DO pada air, mengindikasikan air tersebut memiliki kualitas yang bagus. Sebaliknya jika nilai DO rendah, dapat diketahui bahwa air tersebut telah tercemar. Dengan melihat kandungan oksigen yang terlarut di dalam air dapat ditentukan seberapa jauh tingkat pencemaran air lingkungan telah terjadi.

Kebutuhan oksigen biologi (BOD) adalah banyaknya oksigen yang diperlukan oleh organisme pada saat pemecahan bahan organik. Pada kondisi aerobic, pemecahan bahan organik diartikan bahwa bahan organik ini digunakan oleh organisme sebagai bahan makanan dan energinya diperoleh dari proses oksidasi sedangkan COD (Chemical Oxygen Demand) atau oksigen kimia untuk reaksi oksidasi terhadap bahan buangan didalam air, dalam hal ini bahan buangan organik akan dioksidasi oleh bahan kimia yang digunakan sebagai sumber oksigen oxidizing agent . Angka BOD dan COD merupakan ukuran bagi pencemaran air oleh zat-zat organik yang secara alamiah dapat dioksidasikan melalui proses mikrobiologis, dan mengakibatkan berkurangnya oksigen terlarut dalam air.

Perbedaan dari kedua cara uji oksigen terlarut di dalam air secara garis besar yaitu chemical oxygen demand adalah kapasitas air untuk menggunakan oksigen selama peruraian senyawa organik terlarut dan mengoksidasi senyawa anorganik seperti amonia dan nitrit. Sedangkan biological (biochemical) oxygen demand adalah kuantitas oksigen yang diperlukan oleh mikroorganisme aerob dalam menguraikan senyawa organik terlarut. Jika BOD suatu air tinggi maka dissolved oxygen (DO) menurun karena oksigen yang terlarut tersebut digunakan oleh bakteri.

TOPIK BAHASAN:

  1. Prinsip dasar analisa COD dan BOD
  2. Metode analisa COD dan BOD
  3. Metode analisa DO secara titrimetri
  4. Praktikum analisa BOD
  5. Praktikum analisa COD
  6. Perhitungan dan evaluasi

METODA:

  1. Presentasi & Tanya jawab,
  2. Pembahasan Studi Kasus,
  3. Praktek & Latihan Analisis Data.

BOOKING TRAINING

TRAINING TERDEKAT YANG BERJALAN

FASILITAS:

  • Materi training (Soft Copy & Hard Copy)
  • Seminar Kit
  • Makan Siang
  • 2 Kali rehat kopi
  • T-shirt
  • Flash Disk
  • Sertifikat

LAYANAN KAMI LAINNYA:

GRATIS: 1 PESERTA (KE-4) UNTUK PENDAFTARAN 3 PESERTA DARI 1 PERUSAHAAN

WAKTU & TEMPAT TRAINING:

Waktu:
Pkl. 09.00 – 17.00
*lihat tanggal pelaksanaan KLIK DISINI

Tempat:
Hotel Berbintang di Bandung

* Kepastian tempat pelaksanaan akan diupdate di penawaran training.

Kota Pelaksanaan:
Bandung

*Semua training yang terjadwal dilaksanakan di Bandung kecuali ada permintaan khusus dari peserta

Status Training:
RUNNING

more

Time

1 (Thursday) 09:00 - 2 (Friday) 17:00

Mulai Chat Admin
Butuh Bantuan? Klik Disini
Scan the code
Hai 👋
Ada yang bisa kami bantu?
X