Home » Artikel » Kalibrasi » Benarkah Jangka Waktu Kalibrasi harus setahun sekali?

Benarkah Jangka Waktu Kalibrasi harus setahun sekali?

Jangka Waktu Kalibrasi

Lembaga Training di Bandung – Dalam berbagai industri, seperti kedokteran, manufaktur, dan laboratorium, peralatan yang terkalibrasi dengan baik sangat penting untuk memastikan hasil yang akurat dan konsisten. Namun, ada pertanyaan umum tentang seberapa sering kalibrasi perlu dilakukan.

Tabel Jangka Waktu Kalibrasi

Berikut adalah tabel jangka waktu kalibrasi yang umum digunakan dalam berbagai industri:

Jenis PeralatanJangka Waktu Kalibrasi
Peralatan LaboratoriumSetahun Sekali
Alat Ukur ListrikSetahun Sekali
Alat Ukur Dimensi6 Bulan Sekali
Alat Ukur Suhu1 Tahun Sekali
Alat Ukur Tekanan1 Tahun Sekali
Alat Ukur Cairan6 Bulan Sekali
Alat Ukur Gas1 Tahun Sekali

Harap dicatat bahwa jangka waktu kalibrasi di atas bersifat umum dan dapat bervariasi tergantung pada faktor-faktor seperti spesifikasi produsen, lingkungan penggunaan, dan persyaratan standar industri atau peraturan yang berlaku. Sebaiknya selalu merujuk pada pedoman produsen dan persyaratan regulasi yang berlaku untuk menentukan jangka waktu kalibrasi yang tepat untuk peralatan yang digunakan.

Apakah benar jangka waktu kalibrasi harus setahun sekali?

Jawabannya sebenarnya tidak bisa disederhanakan menjadi satu aturan yang berlaku untuk semua jenis peralatan. Meskipun banyak standar industri merekomendasikan kalibrasi tahunan, frekuensi kalibrasi sebenarnya harus ditentukan berdasarkan beberapa faktor yang berbeda.

Pertama, jenis peralatan harus dipertimbangkan. Peralatan yang digunakan untuk pengukuran yang kritis atau sensitif mungkin memerlukan kalibrasi lebih sering daripada peralatan yang jarang digunakan atau digunakan untuk aplikasi yang kurang kritis.

Kedua, lingkungan di mana peralatan digunakan juga berperan penting. Lingkungan yang keras atau berubah-ubah, seperti lingkungan yang terpapar oleh suhu atau kelembaban yang ekstrem, dapat mempengaruhi kinerja peralatan dan mengakibatkan kebutuhan akan kalibrasi lebih sering.

Selain itu, rekomendasi produsen peralatan juga harus dipertimbangkan. Produsen biasanya memberikan panduan tentang interval kalibrasi yang disarankan berdasarkan spesifikasi peralatan dan penggunaannya.

Baca juga: Waspada! Kesalahan Kalibrasi yang Bisa Membuat Bisnis Rugi

Selain faktor-faktor tersebut, standar industri dan persyaratan peraturan juga dapat mempengaruhi frekuensi kalibrasi. Beberapa standar industri, seperti ISO 9001 untuk manajemen mutu, dapat mengatur persyaratan kalibrasi untuk memenuhi kepatuhan peraturan.

Penting untuk diingat bahwa tujuan kalibrasi adalah untuk memastikan bahwa peralatan pengukuran memberikan hasil yang akurat dan konsisten. Oleh karena itu, jika ada indikasi bahwa peralatan tidak berkinerja dengan baik atau hasil pengukuran tidak konsisten, kalibrasi harus dilakukan segera, tidak peduli seberapa sering kalibrasi sebelumnya dilakukan.

Peraturan tentang Interval Kalibrasi

Peraturan tentang jangka waktu kalibrasi dapat bervariasi tergantung pada industri dan negara tempat peraturan tersebut berlaku. Namun, beberapa pedoman umum tentang jangka waktu kalibrasi dapat ditemukan dalam berbagai standar industri dan peraturan. Berikut adalah beberapa contoh peraturan yang seringkali mengatur jangka waktu kalibrasi:

  1. ISO 9001: Standar manajemen mutu internasional ini sering mengatur persyaratan untuk kalibrasi peralatan pengukuran. Meskipun ISO 9001 tidak secara spesifik menyebutkan jangka waktu kalibrasi, organisasi yang bersertifikasi ISO 9001 diharapkan untuk memiliki prosedur yang jelas untuk menentukan frekuensi kalibrasi berdasarkan risiko dan kebutuhan peralatan.
  2. FDA (Food and Drug Administration): Di industri farmasi dan makanan, FDA mengatur persyaratan kalibrasi untuk peralatan yang digunakan dalam produksi, penyimpanan, dan distribusi produk. Jangka waktu kalibrasi dapat diatur berdasarkan pedoman FDA yang relevan.
  3. OSHA (Occupational Safety and Health Administration): Di sektor industri tertentu, seperti manufaktur dan konstruksi, OSHA dapat memiliki persyaratan khusus terkait kalibrasi peralatan untuk memastikan keselamatan dan kesehatan pekerja.
  4. Standar industri spesifik: Beberapa industri memiliki standar sendiri yang mengatur jangka waktu kalibrasi untuk peralatan khusus dalam industri tersebut. Misalnya, dalam industri kedirgantaraan, standar seperti AS9100 dapat mengatur persyaratan kalibrasi untuk peralatan pengukuran.

Penting untuk dicatat bahwa setiap organisasi dan industri mungkin memiliki persyaratan yang berbeda terkait kalibrasi, dan penting untuk mematuhi peraturan yang berlaku di wilayah dan industri tempat Anda beroperasi. Selalu merujuk pada pedoman produsen peralatan, standar industri, dan peraturan yang berlaku untuk memastikan bahwa jangka waktu kalibrasi yang dipilih sesuai dengan kebutuhan dan persyaratan yang berlaku.

jadi kesimpulannya, tidak ada aturan yang baku bahwa kalibrasi harus dilakukan setahun sekali untuk semua jenis peralatan. Frekuensi kalibrasi harus ditentukan berdasarkan faktor-faktor seperti jenis peralatan, lingkungan penggunaan, rekomendasi produsen, dan persyaratan standar industri atau peraturan. Yang terpenting, tujuan utama kalibrasi adalah memastikan keakuratan dan keandalan peralatan pengukuran, sehingga kalibrasi harus dilakukan sesuai kebutuhan untuk memenuhi tujuan tersebut.

Yuk tingkatkan keterampilan dan pengetahuan Anda dalam kalibrasi peralatan dengan mengikuti training kalibrasi alat ukur yang diselenggarakan provider training kalibrasi profesional terpercaya. Anda dapat menghubungi kami di halaman ini atau bisa langsung kontak kami via WhatsApp di nomor 0813-2145-5501 untuk meminta penawaran training kalibrasi yang Anda perlukan.

Training Kalibrasi Alat Ukur

Share This Post

Berita Terkait