Training Supply Chain

Training Supply Chain

Persaingan bisnis saat ini dan ke depan tidak hanya terjadi secara face-to-face antar perusahaan yang bersaing, namun telah melebar kedalam perusahaan yaitu kinerja rantai pasokannya. Coba simak moto iklan salah satu pabrik mobil asia terkemuka : ”tidak ada yang mengganggu rantai bisnis kami”. Moto ini sangat kental dengan spektrum persaingan yang berkaitan dengan sistem pasokan perusahaan. Dalam kondisi seperti ini, maka perusahaan tidak cukup hanya sekadar  mendapatkan bahan baku yang murah dan cepat, namun perlu mengalihkan juga perhatian pada bagaimana mendapatkan bahan baku yang memenuhi persyaratan mutu/ standar spesifikasi yang dibutuhkan? Bagaimana menjamin keberlanjutan (sustainable) pasokan bahan baku untuk jangka panjang?.

Di sini, peran Departemen Pengadaan/ Pembelian memiliki peran strategis dalam menjamin ketersediaan (availability) bahan baku produksi dan penunjangnya secara berkelanjutan. Salah satu pendekatan yang baik untuk menjamin keberlanjutan bahan baku produksi adalah menjalin secara” emosional & rasional” dengan para pemasok yaitu melalui pendekatan Supplier Relationship Management (SRM). Untuk itu,perlu dilakukan pengukuran, analisis, dan evaluasi terhadap kinerja para pemasok, yang manakah yang perlu diintegrasikan.

Supply Chain

Tujuan Training Supply Chain

  • Memberikan pengetahuan dan pemahaman mengenai kerangka pikir tentang konsep supplier relationship.
  • Membekali peserta dengan keterampilan tentang bagaimana menganalisis dan mengevaluasi penawaran berdasarkan kriteria-kriteria yang telah ditetapkan.
  • Meningkatkan kemampuan peserta untuk merumuskan Key Perfomace Indicators (KPI) dalam penilaian kinerja para pemasok, yang mencakup biaya, mutu, risiko dan waktu delivery.
  • Membekali peserta dengan perangkat (tools) dan keterampilan dalam melakukan pengukuran, penilaian dan pemilihan pemasok berdasarkan kinerja pemasok.
  • Mendapatkan pengetahuan dan keterampilan dalam memelihara dan menjaga hubungan yang baik dengan para pemasok.

Materi Training Supply Chain

  1. Framework For Supply Strategy.
  2. Supplier Relationships Management.
  3. The Performance Evaluation Process.
  4. Performance Measure and Targets.
  5. Criteria to Appraise a Potential Supplier.
  6. A Model for Assessing Motivation.
  7. Identifying, Screening & Researching Supplier.
  8. Weighting and Rating.
  9. Assessing Financial Health.
  10. Identifying, Screening & Researching Supplier.
  11. What Come Next.

Informasi Training SUpply Chain

Telpon.

022 – 721 0655

Seluler.

081 321 4555 01