Teknik Pengambilan Sampel

Teknik Pengambilan Sampel

Teknik Pengambilan Sampel

Sampel

Sampel adalah bagian dari jumlah dan karakteristik yang dimiliki oleh populasi tersebut. Sedangkan sampling adalah suatu proses memilih sebagian dari unsur populasi yang jumlahnyamencukupisecarastatistiksehingga dengan mempelajari sampel serta memahami karak teristik-karakteristiknya(ciri-cirinya) akan diketahui Informasi tentang keadaan populasi.

Teknik Pengambilan Sampel

Teknik sampling adalah suatu cara untuk menentukan banyaknya sampel dan pemilihan calon anggota sampel, sehingga setiap sampel yang terpilih dalam penelitian dapat mewakili populasinya (representatif) baik dari aspek jumlah maupun dari aspek karakteristik yang dimiliki populasi. Apabila semua anggota populasi dipilih menjadi anggota sampel, maka proses ini disebut sensus(sampeljenuh). Teknik sampling dapat dikelompokkan menjadi dua, yaitu:

  1. Probability sampling, meliputi:
    1. acaksederhana(simple random),
    2. acakbertingkatproporsional(proportionate stratified random),
    3. acakbertingkattidakproporsional(disproportionate stratified random), dan
    4. cluster/area sampling;
  2. Nonprobabilitysampling, meliputi: sampling sistematis, sampling  kuota, sampling incidental, purposive sampling, sampling jenuh, dan snowball sampling.

Populasi

Populasi adalah wilayah generalisasi yang terdiri atas objek/subjek yang mempunyai kualitas dan karakteristik tertentu yang ditetapkan oleh peneliti untuk dipelajari kemudian ditarik kesimpulannya. Jadi populasi bukan hanya orang, tetapi juga objek dan benda-benda alam lainnya. Populasi juga bukan sekedar banyaknya objek/subjek yang diteliti, tetapi meliputi seluruh karakteristik /sifat yang dimiliki oleh subjek atau objek tersebut.