Pencarian

    Tentang Kami

    SPIN Training Consulting Calibration adalah salah satu penyelenggara pelatihan yang sudah berdiri lebih dari 10 tahun. Dengan berbegai judul dan kategori pelatihan yang kami selenggarakan tentunya mempermudah konsumen dalam memilih pelatihan yang mereka butuhkan. Informasi lebih lanjut silahkan cek disini.

    Download Jadwal Public Training Dalam Bentuk PDF Klik Disini.

    Isi Formulir Pendaftaran Training Secara Online Klik Disini.

    Daftar Training Langsung Via Aplikasi Whatsapp Klik Disini.

    Kontak Informasi

    Seluler :
    081321455501 | ganjar
    081394389300 | Harry
    081321170714 | Kurniawan

    Telpon :
    022-7210655 | training
    022-7103798 | kalibrasi

    Email:
    [email protected]
    [email protected]

    Alamat :
    Gedung Graha Kadin Bandung
    Jalan Talaga Bodas No 31 Bandung

Teknik Pengambilan Sampel

Teknik Pengambilan Sampel

Sampel

Sampel adalah bagian dari jumlah dan karakteristik yang dimiliki oleh populasi tersebut. Sedangkan sampling adalah suatu proses memilih sebagian dari unsur populasi yang jumlahnyamencukupisecarastatistiksehingga dengan mempelajari sampel serta memahami karak teristik-karakteristiknya(ciri-cirinya) akan diketahui Informasi tentang keadaan populasi.

Teknik Pengambilan Sampel

Teknik sampling adalah suatu cara untuk menentukan banyaknya sampel dan pemilihan calon anggota sampel, sehingga setiap sampel yang terpilih dalam penelitian dapat mewakili populasinya (representatif) baik dari aspek jumlah maupun dari aspek karakteristik yang dimiliki populasi. Apabila semua anggota populasi dipilih menjadi anggota sampel, maka proses ini disebut sensus(sampeljenuh). Teknik sampling dapat dikelompokkan menjadi dua, yaitu:

  1. Probability sampling, meliputi:
    1. acaksederhana(simple random),
    2. acakbertingkatproporsional(proportionate stratified random),
    3. acakbertingkattidakproporsional(disproportionate stratified random), dan
    4. cluster/area sampling;
  2. Nonprobabilitysampling, meliputi: sampling sistematis, sampling  kuota, sampling incidental, purposive sampling, sampling jenuh, dan snowball sampling.

Populasi

Populasi adalah wilayah generalisasi yang terdiri atas objek/subjek yang mempunyai kualitas dan karakteristik tertentu yang ditetapkan oleh peneliti untuk dipelajari kemudian ditarik kesimpulannya. Jadi populasi bukan hanya orang, tetapi juga objek dan benda-benda alam lainnya. Populasi juga bukan sekedar banyaknya objek/subjek yang diteliti, tetapi meliputi seluruh karakteristik /sifat yang dimiliki oleh subjek atau objek tersebut.

Comments

So empty here ... leave a comment!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Sidebar