Pencarian

    Tentang Kami

    SPIN Training Consulting Calibration adalah salah satu penyelenggara pelatihan yang sudah berdiri lebih dari 10 tahun. Dengan berbegai judul dan kategori pelatihan yang kami selenggarakan tentunya mempermudah konsumen dalam memilih pelatihan yang mereka butuhkan. Informasi lebih lanjut silahkan cek disini.

    Download Jadwal Public Training Dalam Bentuk PDF Klik Disini.

    Isi Formulir Pendaftaran Training Secara Online Klik Disini.

    Daftar Training Langsung Via Aplikasi Whatsapp Klik Disini.

    Kontak Informasi

    Seluler :
    081321455501 | ganjar
    081394389300 | Harry
    081321170714 | Kurniawan

    Telpon :
    022-7210655 | training
    022-7103798 | kalibrasi

    Email:
    [email protected]
    [email protected]

    Alamat :
    Gedung Graha Kadin Bandung
    Jalan Talaga Bodas No 31 Bandung

Penanganan Pembuangan Limbah

Secara umum, metoda penanganan pembuangan limbah laboratorium terbagi atas empat metoda.

Pertama, pembuangan langsung dari laboratorium. Metoda pembuangan langsung ini dapat diterapkan untuk bahan-bahan kimia yang dapat larut dalam air. Bahan-bahan kimia yang dapat larut dala air dibuang langsung melalui bak pembuangan limbah laboratorium. Untuk bahan kimia sisa yang mengandung asam atau basa harus dilakukan penetralan, selanjutnya baru bisa dibuang. Untuk bahan kimia sisa yang mengandung logam-logam berat dan beracun seperti Pb, Hg, Cd, dan sebagainya, endapannya harus dipisahkan terlebih dahulu. Kemudian cairannya dinetralkan dan dibuang.

Kedua, dengan pembakaran terbuka. Metoda pembakaran terbuka dapat dterapkan untuk bahan-bahan organik yang kadar racunnya rendah dan tidak terlalu berbahaya. Bahan-bahan organik tersebut dibakar ditempat yang aman dan jauh dari pemukiman penduduk.

Ketiga, pembakaran dalam insenerator. Metoda pembakaran dalam insenerator dapat diterapkan untuk bahan-bahan toksik yang jika dibakar ditempat terbuka akan menghasilkan senyawa-senyawa yang bersifat toksik.

Keempat, dikubur didalam tanah (landfill) dengan perlindungan tertentu agar tidak merembes ke badan air. Metoda ini dapat diterapkan untuk zat-zat padat yang reaktif dan beracun.

Ada metode-metode Penanganan Pembuangan Limbah lain yang mungkin dilakukan, namun biasanya sesuai dengan kondisi dan keadaan di laboratorium itu sendiri.

Penanganan Pembuangan Limbah

Comments

So empty here ... leave a comment!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Sidebar