Dalam rangka mewujudkan keberadaan suatu laboratorium maka perlu ditingkatkan kompetensi suatu laboratorium agar dapat menghasilkan kinerja secara profesional, handal serta mampu menunjukkan sistem manajemen dan juga jaminan mutu laboratorium yang sesuai dengan standar nasional maupun internasional.

TELPON : 022 721 0655 / SELULER : 081 321 4555 01

Sistem Manajemen Mutu Laboratorium

Guna meningkatkan kompetensi tersebut, maka suatu laboratorium perlu berupaya menerapkan “Sistem Manajemen Mutu Laboratorium” sesuai standar nasional dan internasional yang berlaku saat ini, yaitu ISO/IEC 17025:2017. Selanjutnya agar penerapan sistem mutu laboratorium tersebut terbukti dapat dipercaya dan diakui kompetensinya secara formal, diperlukan adanya akreditasi laboratorium yang dilakukan oleh suatu badan akreditasi. Di Indonesia badan akreditasi (nasional) untuk Laboratorium adalah Komite Akreditasi Nasional (KAN). Dengan demikian laboratorium tersebut akan memiliki pengakuan formal (bersertifikat) oleh pihak pemberi akreditasi sekaligus akan mendapatkan pembinaan secara terus-menerus, yang pada akhirnya laboratorium akan merasakan manfaat-manfaatnya sehingga eksistensi & citranya akan semakinmeningkat.

ISO/IEC 17025 : 2017

Oleh karena itu, merupakan tugas bagi pihak manajemen laboratorium beserta agar penerapan sistem manajemen mutu laboratorium dilaksanakan secara konsisten dan berkesinambungan. Standar Acuan bagi laboratorium untuk menerapkan “sistem manajemen mutu Laboratorium” yaitu ISO/IEC 17025:2017, merupakan standar acuan tentang “Persyaratan Umum Kompetensi Laboratorium Pengujian dan Laboratorium Kalibrasi” yang mencakup didalamnya 5 hal yaitu Persyaratan umum, persyaratan struktural, persyaratan sumber daya, persyaratan proses dan persayaratan manajemen. Sehingga dengan mengimplementasikan ISO/IEC 17025:2017 secara benar dan konsisten maka berarti laboratorium pengujian tersebut telah memiliki sistem manajemen mutu laboratorium yang berstandar nasional / internasional.

Manfaat dan Kelebihan sebagai laboratorium Yang Terakreditasi

Percaya

Meningkatkan kepercayaan pelanggan terhadap mutu pelayanan jasalaboratorium.​

Mudah

Memberikan kemudahan akses bagi calon pelanggan dan pelanggan jasa laboratorium.​

Jaminan

Memberikan jaminan terhadap kehandalan dan keakuratan data dan analisa/ujinya.​

Kinerja

Memberikan pengakuan kompeten silaboratorium. dan meningkatkan  kinerja laboratorium.​

Untung

Memberikan keuntungan dalam pemasaran serta memenuhi kebutuhan pelanggan.

Terima

Meningkatkan keberterimaan di pasar Nasional dan Internasional.​

training@spinsinergi.com

Dapatkan penawaran terbaik dari kami untuk
Konsultasi ISO/IEC 17025 : 2017