JAMINAN MUTU HASIL PENGUJIAN

JAMINAN MUTU HASIL PENGUJIAN

Jaminan Mutu hasil Pengujian – Di bidang perdagangan dan kegiatan komersial lainnya. Sudah sering didengar hal-hal yang kurang dapat diterima. Yaitu diperolehnya hasil-hasil analisis yang berbeda atas contoh komoditas yang sama. Karena hasil-hasil tersebut diperoleh dari beberapa laboratorium atau analis yang berlainan.

Dengan demikian telah terjadi variasi yang besar dari data analisis antara laboratorium yang satu dengan yang lainnya. Namun bagi pengguna, perbedaan yang kecil saja dapat besar dampaknya. Keputusan yang didasarkan atas data analisis yang tidak akurat ini akan menghadapi resiko.

Dalam hal-hal demikianlah peraturan-peraturan di bidang perdagangan, kesehatan, lingkungan dsb dapat memberikan dampak kepada sistem pengelolaan laboratorium analisis yang ingin berusaha agar tetap dapat memberikan layanan yang memenuhi kebutuhan para penggunanya.

Dalam rangka mengendalikan dan untuk lebih meningkatkan mutu hasil analisis, bermacam-macam usaha telah dilakukan orang seperti misalnya : penggunan bahan acuan bersertifikat, pengendalian mutu internal, partisipasi dalam uji banding antar laboratorium dan uji profisiensi, akreditasi laboratorium.

Hasil-hasil uji yang bervariasi atau berbeda-beda antar laboratorium meskipun sama contoh ujinya, disebabkan oleh hasil uji yang mengandung kesalahan.

Kesalahan yang terjadi itu biasanya tidak disadari oleh personil penguji ybs, penyelia dan bahkan pimpinan laboratorium. Suatu hasil uji profisiensi yang diikuti oleh 26 laboratorium  pengujian, unsur-unsur mineral terhadap tepung kedelai memberikan data, dalam Jaminan Mutu hasil Pengujian .