Flow Meter Gas

Flow Meter Gas

Flow meter merupakan instrumen guna mengukur aliran dari suatu fluida baik liquid ( liquid flowmeter), sludge ( sludge flow meter) maupun gas ( gas flow meter), baik bertemperatur rendah hingga temperatur tinggi. Flow meter mempunyai banyak jenis dan berdasarkan cara kerja Jenis Flowmeter dapat dibagi dalam beberapa type:

  • Differential Pressure : Orifice Plate, Venturi Tube, Flow Tube, Flow Nozzle, Pitot Tube, Elbow Tap, Target, Rotameter (Variable-Area)
  • Positive Displacement :Reciprocating Piston, Oval Gear, Nutating Disk,Rotary Vane
  • Velocity Flow Meter : Turbine Flow Meter, Vortex Shedding, Swirl, Conada Effect & Momentum Exchange, Electromagnetic Flowmeter, Ultrasonic ( Doppler), Ultrasonic (Transit-Time)
  • Mass Flow Meter : Coriolis, Thermal.

Meter gas rumah tangga atau yang sebenarnya adalah meter gas diafragma adalah alat ukur yang digunakan untuk menentukan jumlah gas yang lewat, yang penunjukan volumenya ditentukan oleh perubahan bentuk dinding. Didalam badan ukur meter jenis ini terdapat ruang ukur dimana volume gas tersebut diukur. Perputaran dari satu putaran perangkat ruang ukur tersebut adalah merupakan 1 siklus yang nilainya sering disebut dalam spesifikasi meternya. Jadi Volume siklis (sering disingkat dengan huruf V) adalah volume yang sesuai dengan satu putaran / perubahan penuh ruang ukur. Daerah ukur adalah daerah pengukuran yang dibatasi oleh debit minimum dan debit maksimum.